Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Bulukumba Selenggarakan Pelatihan Auditor Mutu

Badan Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Bulukumba Selenggarakan Pelatihan Auditor Mutu

Dalam rangka penguatan budaya mutu, Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UM Bulukumba) menyelenggarakan kegiatan penguatan kapasitas auditor mutu internal melalui Pelatihan Auditor Mutu yang berlangsung selama dua hari (5-6 September 2022). Pada pembukaan acara tersebut, Dr. Dwi Cahyono menyampaikan pesan kepada UM Bulukumba untuk meningkatkan kinerja PT dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama di level Universitas maupun Prodi. Prodi yang masih Akreditasi Baik (4 prodi) dan yang masih Akreditasi B (4 prodi) diharapkan dapat ditingkatkan peringkatnya serta UM Bulukumba dapat mencapai standar internasional.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor I UM Bulukumba Asdar, S.Pd., M.Pd selaku perwakilan Pimpinan Universitas menyampaikan komitmen UM Bulukumba untuk meningkatkan budaya mutu. UM Bulukumba melakukan persiapan untuk UM Bulukumba menuju Akreditasi Baik Sekali dengan perbaikan di aktivitas Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Kepala Badan Penjaminan Mutu UM Bulukumba, Immawan Wahyudi Asbara melaporkan, UM Bulukumba sudah terakreditasi C (institusi), 4 Prodi B dan 4 Prodi Baik, saat ini juga sudah ada rencana untuk tambahan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris . Lebih lanjut, dilaporkan bahwa UM Bulukumba sudah menyusun SPMI berbasis Permendikbud No.3 tahun 2020 dan pada tahun 2020 sudah dijalankan Audit Mutu Internal untuk Unit Akademik serta Audit Key Performance Indicator untuk Unit nonakademik.

Pelaksanaan pelatihan auditor mutu diselenggarakan dengan pembekalan materi SPMI, hakikat AMI, simulasi audit mutu dan asesmen auditor mutu dengan instrument audit berbasis risiko.

Identifikas risiko dalam pelaksanaan SPMI menjadi faktor penting untuk mengantisipasi berbagai kondisi yang dihadapi prodi. Prodi melaukan identifikasi risiko dan sekaligus memetakan dampak atas risiko sehingga terjadi proses manajemen risiko yang dapat digunakan untuk merancang strategi dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Audit berbasis risiko memberi ruang bagi auditor untuk memberikan rekomendasi mayor maupum minor berdasarkan pemetaan risiko yang sudah dilakukan.

Sebanyak 24 calon auditor mutu internal UM Bulukumba antusias mengikuti pelatihan yang diadakan di Aula Kampus 1 UM Bulukumba, serta siap menjalankan penugasan yang direncanakan pada bulan Nopember 2022. Hasil AMI digunakan oleh Pimpinan UPPS untuk melakukan evaluasi diri berbasis SWOT dengan instrument yang sudah disediakan oleh BPM. Kegiatan Audit Mutu Internal akan dilanjutkan dengan Rapat Tinjauan Manajemen di level Fakultas dan level Universitas. Dengan demikian, secara berkelanjutan UM Bulukumba berkomitmen untuk senantiasa menyebarkan “ benih-benih mutu berkualitas” di bidang akademik maupun nonakademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *